Minggu, 12 April 2015

Program Aplikasi Penjualan Barang Menggunakan VB 6.0



Sebelumnya Saya Mengucapkan Happy New Year .. Smg tahun ini Lebih baik dari Tahun sebelumnya khususnya  untuk saya Pribadi, hehehe.. :-D
Untuk kelanjutannya saya akan membahas tentang Program Penjualan Pada Sebuah Market Menggunakan Visual Basic 6.0. Program  seperti  ini telah saya pelajari  diKampus saya. Dan sengaja saya posting selain ingin berbagi ilmu kepada sobat sekalian juga sebagai latihan untuk saya pribadi dalam mengulang  bahan matakuliah yang sudah saya terima. ,, yangmana sebelumnya saya juga pernah membahas tentang Program Penjualan Barang Menggunakan Visual Basic 6.0 .
Baiklah Langsung saja,
 Ø  Telebih dahulu membuat  Rancangan Program Input Data Barang Seperti  dibawah ini :

 Ø  Setelah setelah selesai silahkan sobat buat database, caranya klik Disini !
 Ø  Tampilkan Adodc1 dan DataGrid  Caranya klik kanan Pada ToolBox >> Components
 Ø  Dan pilih / Ceklis Pada
-          Microsoft  Ado Data Control 6.0 (OLEDB)
-          Microsoft  DataGrid Control 6.0 (OLEDB)
 Ø   Setelah itu koneksikan Adodc Nya, caranya Klik Disini !
 Ø  Setelah terkoneksi,  tampilkan Database Pada Tabel DataGrid caranya sebagai berikut:
-          Aktifkan Datagrid >> Klik Option DataSource Pada Properties Window


Ø Selanjutnya koneksikan database pada DataGrid. Caranya Letakkan Pointer tepat pada Datagrid,


 kemudian  Klik Kanan dan Pilih Retrieve Fields.
 Ø  Setelah semuanya ditampilkan dan terkoneksi, Silahkan sobat lanjutkan dengan  melengkapi Listing programnya.
Listing Program Save :
Private Sub Command4_Click()
With Adodc1.Recordset
.AddNew
    !Kode = Text1.Text
    !namabrg = Text2.Text
    !satuan = Text3.Text
    !harga = Text4.Text
    !jumlah = Text5.Text
.Update
End With
MsgBox "Data Sudah Disimpan CuY...!!!", vbOKOnly + vbInformation, "SAVE.."
Bersih
End Sub

Listing untuk Bersih
Sub Bersih()
Text1.Text = ""
Text2.Text = ""
Text3.Text = ""
Text4.Text = ""
Text5.Text = ""
End Sub

Listing untuk Program Cancel
Private Sub Command1_Click()
Bersih
MsgBox "Thanks..", vbOKOnly + vbExclamation, "CANCEL"

End Sub

Listing Program Hapus
Private Sub Command2_Click()
Adodc1.Recordset.Delete
Adodc1.Recordset.MoveFirst
MsgBox "Data Sudah Terhapus", vbOKOnly + vbCritical, "DELETE"

End Sub

Listing  Program  Exit
Private Sub Command3_Click()
End
MsgBox "Thanks...", vbOKOnly + vbQuestion, "EXIT"
End Sub
 Ø  Setelah itu  Jalankan Programnya  atau dengan cara menekan tombol  F5
 Ø  Berikut adalah tampilannya
-   Tampilan “SAVE”


-          Tampilan  “ CANCEL”


-          Tampilan  “ DELETE ”



Sekianlah postingan saya kali ini.  Semoga apa yang saya bagikan dapat bermanfaat bagi sobat sekalian dan khususnya saya pribadi, Kerna saya juga masih dalam tahap belajar. Sampai Jumpa dipostingan berikutnya .. :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar